Maafkanlah

Kesalahan, kegagalan, atau tindakan yang menyakitkan akan membuat hati kita sedih dan kecewa. Ini adalah perasaan yang negatif, perasaan negatif akan memberikan efek berupa motivasi yang lemah. Oleh karena itu kita perlu menghilangkan perasaan negatif ini dalam hati kita, caranya ialah dengan memaafkan.

Siapa yang harus dimaafkan?
Yang pertama justru Anda sendiri. Kesalahan dan kegagalan dimasa lalu adalah sudah berlalu. Jangan diingat dan menyalahkan diri sendiri terus menerus, maafkan diri Anda, ambil hikmah dan lupakan kesedihannya. Denganmemaafkan diri sendiri akan melepaskan energi negatif dalam diri Anda. Diri kita tidak bisa kosong dan hanya bisa terisi oleh satu energi, maka saat energi negatif pergi, akan muncul energi positif. Ini akan memberikan semangat baru bagi Anda.

Jika kesalahan Anda berhubungan dengan dosa, maka mintalah pengampunan dari Allah. Yakinlah bahwa Anda akan diampuni selama Anda melakukan taubat yang benar-benar taubat karena Allah Maha Pengampun dan Penerima Taubat hamba-Nya. Dalam berbagai ayat Al Quran dan Hadits, Allah telah berjanji akan mengabulkan do’a dan taubat kita jika mau melakukannya. Percayalah rahmat Allah lebih luas dari murka-Nya.

Yang kedua, baru orang-orang yang telah menyakiti Anda. Memandam marah dan niat balas dendam sangat tidak bermanfaat. Dendam dan marah adalah pikiran negatif, maka Anda akan menarik hal-hal negatif ke dalam hidup Anda jika Anda dipenuhi oleh dendam dan marah atau sakit hati. Maafkanlah orang lain meski mereka tidak minta maaf. Memaafkan akan banyak memberikan manfaat kepada kita, selain mendapatkan pahala dari Allah, kita juga akan terbebas dari pikiran negatif. Pikiran kita akan lebih positif sehingga akan membawa ke arah yang positif. Pikiran positif adalah modal Anda meraihsukses.

Anda Bisa Memaafkan
Banyak yang mengatakan bahwa dia tidak bisa memaafkan diri sendiri dan orang lain. Sebenarnya siapa pun bisa memaafkan. Kuncinya ialah, Anda mau memaafkan. Memaafkan tidaklah sulit, Anda tinggal lupakan semua kesalahannya. Yang sulit adalah membangkitkan kemauan memaafkan. Kita sulit memaafkan karena kita ingin mempertahankan keinginan untuk mengutuk. Namun kita akan mudah memaafkan jika kita sadar bahwa memaafkan jauh memberikan manfaat dari pada dendam. Ketenangan diraih bukan dengan balasa dendam, tetapi dengan memaafkan.

Jadi salah satu langkah untuk meraih sukses dalam hidup ialah dengan memulai memaafkan diri sendiri dan orang lain atas semua kesalahan, kezhaliman, atau kekuarangan yang pernah dilakukan. Anda akan membebaskan pikiran dan emosi negatif dalam diri Anda sehingga Anda akan memiliki energi positif yang Anda perlukan dalam meraih sukses. Jadi maafkanlah.

About abiiklil
aku adalah setitik debu

One Response to Maafkanlah

  1. Pingback: Ketenangan Hidup « masjid al barrony

%d bloggers like this: